Bacaan doa islami berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016

loading...

gambar Bacaan doa islami berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016Contoh bacaan doa islami berqurban, pengertian berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016– Qurban adalah ibadah yang dengan mengkurbankan hewan peliharaan yaitu dengan berupa unta, kerbau, kambing, dan bisa juga sapi, tapi syarat nya harus hewan ternak yang benar-benar sehat dan tak cacat fisik sedikitpun yang mau di kurbankan untuk dibagi-bagikan kepada umat muslim lainnya yang kurang mampu yang jatuh pada bulan dzulhijja. Dan bagi anda yang memiliki sudah memiliki finansial berkecukupan, maka anda sudah diwajibkan untuk berqurban. Untuk anda yang memang memiliki niatan untuk berqurban, maka ada baiknya jika untuk melihat dahulu niat qurban yang akan kami berikan di bawah ini paling lengkap.

Karena jika anda melakukan qurban, namun anda tidak membaca niat untuk berqurban. Maka ibadah yang anda lakukan akan terasa sia-sia, bagi anda yang benar-benar sedang mencari bacaan doa qurban. Silahkan anda langsung saja melihat bacaan doa yang akan kami sajikan pada kesempatan hari ini yang akan kami sajikan dengan lengkap menggunakan tulisan arab dan juga latin, dan tidak ketinggalan pula tulisan latinnya juga akan kami berikan untuk hari ini.

Doa Niat Qurban

gambar Bacaan doa islami berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,keluarga dan para sahabatnya.
Disunnahkan bagi orang menyembelih hewan kurban untuk membaca BASMALAH, TAKBIR, dan DOA AGAR DITERIMA. Hal ini sebagaimana yang tersebut dalam Shahihain, dari Qatadah dan Anas Radhiyallahu ‘Anhuma,
ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا
“Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkurban dengan dua ekor domba jantan putih campur hitam lagi bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya sambil membaca BASAMALAH dan bertakbir dan meletakkan kaki beliau diatas leher keduanya.”
Dalam lafadz Muslim dari riwayat Anas, “Dan beliau membaca:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ
Dalam Shahih Muslim, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda saat menyembelih hewan kurbannya,
بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ
“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, terimalah dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta umat Muhammad.”
Imam Nawawi berkata dalam mensyarah hadits ini: Di dalamnya terdapat dalil untuk dianjurkannya seorang pengorban saat menyembelih bersamaan membaca Bismillah dan takbir membaca Allahumma Taqabbal Minni (Ya Allah Terimalah dariku).”

Bacaan Saat Menyembelih Sendiri
Jika seseorang menyembelih sendiri hewan kurbannya yang diperuntukkan atas nama dirinya dan keluarganya untuk membaca saat menyembelih:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْ أَهْلِي
“Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah terimalah dariku dan keluargaku.”
Atau dengan menyebut namanya sendiri:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ
“Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah terimalah dari fulan dan keluarga fulan.”
Atau membaca bacaan lainnya:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا عَنِّي وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِيْ
“Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah ini dariku dan dari keluargaku.”
Ini didasarkan kepada hadits dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Aku menghadiri Shalat Idul Adha bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di Mushalla. Saat beliau selesai berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya. Kemudian dibawakan satu ekor domba lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyembelihnya sendiri dengan tangannya sambil membaca:
بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّي وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي
“Bismillah Allahu Akbar, Ini dariku dan dari umatku yang tidak berkurban.” (HR. al-Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi)
Terdapat redaksi dalam riwayat lain,
اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ
“Ya Allah, sesungguhnya ini dari-Mu dan untuk-Mu.” (Irwa’ al-Ghalil, no. 1138, 1152) [Lihat Al-Syarh al-Mumti’, Al-‘Allamah al-Utsaimin: 7/492]

Jika Menyembelihkan Kurban Orang Lain
Jika seseorang menyebelihkan kurban orang lain maka sesudah membaca Basmalah dan Takbir,
هَذَا عَنْ فُلَانٍ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ
“Ini dari si fulan, Ya Allah, terimalah dari fulan dan keluarga fulan.” (Dinukil dari fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin.

Baca: Doa Menyembelih Hewan Qurban)
Bacaan Pokok Saat Menyembelih
Pada dasarnya bacaan yang wajib ketika menyembelih adalah membaca BASMALAH, yakni BISMILLAH atau BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. Adapun bacaan tambahan sesudahnya adalah sunnah, bukan wajib. Dasarnya, firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ
“Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. ” (QS. AL-An’am: 121)
Begitu pula firman-Nya:
فَكُلُوا مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ إِنْ كُنْتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ
“Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatN” (QS. Al-An’am: 118) Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Lalu untuk Doa Berkurban diatas bisa kalian amalkan dan bacaan saat akan menyembelih Hewan Qurban kalian sendiri dan perlu kalian ingat juga bahwa membaca Doa Menyembelih Hewan Qurban juga bisa menggunakan Bahasa Indonesia karena tidak harus menggunakan Bahasa Arab dan perlu kalian ingatkan bahwa membaca Bismillah atau Basmallah sebelum menyembelih hewan qurban jangan sampai lupa.

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa Hukum Membaca Niat Berqurban sendiri wajib dibacakan karena niat merupakan salah satu Syarat Sah Berqurban dan Qurban merupaken Ibadah sehingga harus dilakukan dengan adanya Niat. Adapun membaca Niat Melakukan Qurban bisa dibacakan didalam hati maupun secara lisan baik menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia dan Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ” Segala Amal (Ibadah) itu tergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya (HR. Bukhari no 1 dan Muslim no 1907)

Itulah artikel tentang –Bacaan doa islami berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016– semoga bisa untuk contoh doa dan niat untuk beribadah qurban-qurban yang akan datang.

Bacaan doa islami berqurban dan niat berqurban di bulan besar atau idul adha paling lengkap 2016